Pandeglang Blog

Menjadi bagian dari arus informasi dunia

arti RSS dan Cara Validasinya

7 Komentar

rss logo.jpgSebelumnya sempat bingung tiap berkunjung ke suatu blog atau situs pasti ketemu yang namanya RSS, setelah dicari tahu arti RSS apa,inilah yang saya dapat.

Arti RSS

RSS singkatan dari Really Simple Syndication (menurut versi terbaru 2.0). Atau sindikasi yang sangat sederhana/simpel, kata sindikasi sendiri menurut bahasa dalam kamus KBBI adalah “gabungan, persekutuan.” Jadi RSS adalah sebuah dokumen file berbasis format XML yang digunakan situs web atau web blog untuk himpunan kontennya yang selalu berubah (bertambah). Format XML digunakan karena XML didesain untuk mampu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur sesuai saran dari W3C.

RSS adalah cara paling efektif dan mudah untuk tetap up-to-date dengan informasi yang penting bagi kita. Karena ia bisa menghemat waktu dan tenaga dari kebutuhan untuk terus mengunjungi satu per satu situs web untuk mengetahui update terbaru dari situs tersebut. Dengan kata lain dengan menggunakan RSS, konten web terbaru entah itu pemberitahuan update artikel, video dan gambar langsung kita terima sesaat setelah diterbitkan (published).

Semua situs web atau pun blog mempunyai dokumen RSS untuk menerima dan melihat daftar pemberitahuan atau perubahan terbaru darinya, Daftar pemberitahuan atau perubahan itu biasa disebut RSS feed.
RSS dibentuk untuk menyediakan informasi yang sangat dasar dalam bentuk simple file (XML) ketika kita mendapat pemberitahuan darinya. formatnya hanya berupa daftar dimana item/konten yang disajikan dalam urutan dari yang terbaru sampai terlama. Setiap item dalam daftar RSS biasanya akan terdiri dari sebuah judul sederhana yang menjelaskan item bersama dengan penjelasan yang lebih lengkap dan link ke sebuah halaman web dimana informasi yang sebenarnya berada. terkadang penjelasan ini berupa informasi lengkap (seluruh isi postingan) dan kadang-kadang itu hanya sebuah ringkasan yang mau tidak mau kita harus mengunjungi halaman web yang sebenarnya untuk membaca konten selengkapnya.

Contoh bentuk2 RSS berbasis XML seperti link berikut ini :

  1. https://ciekek.wordpress.com/feed, RSS feed default dari wordpress untuk konten utama.
  2. http://feeds.feedburner.com/pandeglangblog, RSS feed alternatif dari feedburner
  3. http://nourly.mywapblog.com/rss.xml, RSS feed default dari Mywapblog

Validasi RSS

Sebuah RSS bisa divalidasi untuk menunjukan keabsahannya sekaligus memverifikasi apakah feed kita memenuhi standar sindikasi paling umum (yaitu Atom, RDF, dan RSS).jika ada “error code” validator akan menghighlight (menyorot) dimana letak kode errornya.item feed tidak muncul pada pembaca umpan bisa jadi karena adanya error pada feed tersebut.
cara Validasinya masuk ke salah satu online feed validator tool berikut ini lalu isikan dengan URL dari RSS feed,

W3C dan feedvalidator.org menyediakan banner untuk dipasang di blog kita yang menyatakan RSS blog telah valid, lihat contoh banner.

Letak posisi RSS berbeda-beda di setiap halaman website namun secara default biasanya berada di pojok kiri atas berupa tombol warna orange seperti ilustrasi gambar diatas, klik saja untuk mendapatkan URL RSS feednya, dan “Subscribe” untuk berlangganan. Berlangganan disini maksudnya bukan via email, tapi secara otomatis alamat URL Feed situs yang kita Subscribe tersimpan di browser yang kita pakai.seperti yang akan dijelaskan nanti.

Topik yang berkaitan :
Langganan feed via browser ponsel

Penulis: Nourly

Bergabung di wordpress sejak 2 april 2012 Just a mobile blogger from Pandeglang.

7 thoughts on “arti RSS dan Cara Validasinya

  1. Ping-balik: Fungsi penggunaan RSS feed « Pandeglang Blog

  2. makasih banget infonya sob

    useful banget nih. makasih juga ya sudah dengan susah payah mengetik artikel ini
    those i`m appreciate for..good job man

  3. Ping-balik: Cara pasang Feed di blog WordPress dan Opera « Pandeglang Blog

  4. trus kalo cara koment d rss gmna gan?

  5. Terima kasih atas infon,.

    Ditunggu kunjungan baliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s