Pandeglang Blog

Menjadi bagian dari arus informasi dunia

Fungsi penggunaan RSS feed

7 Komentar

rss feed readerIni adalah lanjutan dari artikel sebelum nya arti RSS dan cara validasi nya, dan kali ini kita akan membahas cara penggunaannya.

Salah satu fungsi dari penggunaan RSS selain sebagai sarana pertukaran data secara ringkas, adalah untuk berlangganan feed (subscribe) dari situs atau blog favorit yang dipilih agar bisa menerima update terbaru darinya tanpa harus mengunjungi satu per satu situs tersebut, bebas spam, cepat dan efisien. Dan untuk berlangganan RSS feed kita memerlukan RSS Reader juga disebut news reader atau feed reader (pembaca umpan). Ada lagi yang menyebutnya sebagai aggregator (pengumpul berita). RSS feed reader adalah salah satu alternatif lain untuk berlangganan update pemberitahuan dari situs berita atau weblog selain via Email.
RSS reader inilah yang akan memungkinkan kita untuk bisa berlangganan ke RSS feed (umpan RSS) dari situs-situs yang kita pilih. Konten feed akan mengalir langsung ke RSS Reader kita, membuat informasi yang kita butuhkan tersedia dalam satu pusat.

Ketika membaca sebuah konten feed, kita selalu punya pilihan untuk mengeklik ke situs web aslinya atau membaca RSSnya saja dalam bentuk xml, tapi untuk berkomentar tentu harus berkunjung ke situs aslinya, namanya juga umpan (feed) ya sifatnya cuma pancingan dan orang yang berlangganan feed (subscriber) adalah ibarat ikan yang dipancing menggunakan umpan RSS dengan harapan jika mereka tertarik dengan yang dibacanya, mereka terdorong untuk berkunjung ke situs aslinya alias pengumpan (feeder) dan memberikan komentar yang otomatis meningkatkan traffic pengunjung.

Banyak cara untuk bisa berlangganan RSS feed dengan menggunakan RSS reader diantaranya melalui :

Selain sebagai News feed, RSS juga bisa digunakan untuk keperluan submit sitemap (peta situs) di webmaster tool seperti Google dan Bing bagi situs yang tidak punya sitemap. Karena dengan RSS pun para webmaster bisa mengetahui semua konten situs atau pun blog dan update terbaru darinya meski tidak seoptimal menggunakan sitemap yang bisa memetakan seluruh struktur bagian-bagian dari sebuah situs atau blog, karena bagaimana pun juga sitemap adalah first recommended oleh para webmaster daripada RSS.

Ilustrasi gambar : ctovision.com

Penulis: Nourly

Bergabung di wordpress sejak 2 april 2012 Just a mobile blogger from Pandeglang.

7 thoughts on “Fungsi penggunaan RSS feed

  1. Aku hanya buku ditandai blog Anda di Digg dan Stumble Upon. Saya menikmati membaca komentar Anda.

  2. Ini benar-benar sepotong keren dan bermanfaat informasi. Saya puas bahwa Anda berbagi informasi ini membantu dengan kami. Harap tetap kita informasi seperti ini. Terima kasih untuk berbagi.

  3. Ping-balik: Langganan RSS feed via Browser Ponsel « Pandeglang Blog

  4. Tenkyu Gan. Update terus blognya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s