Pandeglang Blog

Menjadi bagian dari arus informasi dunia

Mencari tempat penyimpanan foto online

18 Komentar

Semua orang pernah mengabadikan momen-momen terindah bersama pasangan atau keluarganya dengan kamera ponselnya, mendokumentasikan perkembangan buah hatinya dari mulai dia baru lahir sampai ia mulai beranjak dewasa, tak terkecuali saya sendiri. Ketika semua foto-foto tersebut tersimpan rapih dalam ponsel, mungkin sebagian diantaranya ada yang dibagikan ke publik melalui sarana jejaring sosial yang ada dan sebagiannya lagi disimpan untuk koleksi pribadi.

Nah pertanyaannya adalah bagaimana jikalau suatu hari nanti ponsel yang kita gunakan untuk menyimpan foto-foto tersebut hilang, rusak atau bahkan dicuri orang?’
Untuk mengganti hp yang hilang/dicuri tersebut gampang, tinggal beli lagi🙂 ,Untuk mendapatkan kembali kartu chip dengan nomor yang sama mungkin bukan hal yang sulit, tinggal datang ke gerai operator seluler yang digunakan, minta ganti atas kerusakan atau kehilangan Nomor. Dan bila kita sudah memback up daftar kontak sebelumnya maka kehilangan daftar kontak tidak menjadi masalah lagi bukan?. Lalu bagaimana dengan foto2 tersebut? Bagaimana cara kita mendapatkannya kembali?

Disinilah mulai terasa pentingnya untuk mencari tempat penyimpanan foto online untuk memback up dan sekaligus menghindari resiko kehilangan tersebut. Kriteria yang dicari adalah :

  1. Mudah diunggah dan diunduh lewat ponsel
  2. Ukuran file foto tidak berkurang dari ukuran aslinya ketika diunduh
  3. Visibilitasnya bisa bersifat private (hanya pemilik akun sendiri yang bisa melihatnya) atau publik

Ovishare

Tak sulit mencari layanan penyimpanan foto online di internet terutama yang gratis, salah satunya kita bisa memanfaatkan layanan berbagi foto online dari nokia ini sebagai tempat penyimpanan foto pribadi, Ovishare sebenarnya sudah memenuhi 3 kriteria yang di butuhkan tapi sayang sungguh sayang ovi share ditutup oleh Nokia pada 30 mei 2012 lalu.sibuk kali gara-gara ngurusin window phonesnya😀

Flickr

Ini dia layanan berbagi foto online yang mobile friendly , easy upload and download, visibilitas foto bisa diatur untuk pribadi, hanya teman, keluarga dan publik. Terlebih lagi flickr sekarang sudah terintegrasi dengan Yahoo jadi untuk para pemilik akun yahoo tidak perlu buat akun baru lagi untuk mencicipi layanannya. Hanya saja kekurangannya menurut saya ukuran file foto menjadi berkurang ketika mencoba untuk menyimpannya kembali di ponsel.

Update
Seiring berjalannya waktu flickr mengalami peningkatan dan penambahan fitur pada layanannya diantaranya kapasitas penyimpanan gratis yang ditambah menjadi 1TB dan pilihan untuk mengunduh foto pun lebih bervariasi ukurannya dari mulai ukuran thumbnail, small, medium, large dan original size. jadi kita tidak perlu khawatir lagi akan berkurangnya resolusi foto saat mengunduh.

4shared

Siapa yang tidak kenal dengan 4shared, situs layanan berbagi file ini menawarkan kapasitas penyimpanan gratis 15GB untuk para penggunanya, dia cuma minta login ke akun 4shared milik masing2 pengguna minimal 6 bulan sekali untuk menjaga akunnya tetap aktif. sesuai dengan salah satu kriteria saya, mudah dalam pengunggahan dan ukuran file foto tidak berkurang ketika diunduh meskipun harus ada delay 20 detik, tapi agak susah kala harus mengatur folder album foto dengan folder aplikasi. cukup merepotkan juga.

My opera

My opera merupakan salah satu komunitas berbagi foto online dan blog yang cukup populer di dunia maya terutama kalangan pengguna peramban opera, dengan traffic kunjungan yang lumayan tinggi hingga Pagerank yang sampai saat ini sudah mendapat skor 8 dari google. Dengan mendaftar (sign up) di My Opera pengguna bisa mendapat kapasitas penyimpanan online 2GB, layanan email gratis,fitur blog dengan berbagai pilihan tema dan tambahan widget feed reader pada sidebar.
Meski ada pilihan pengaturan visibilitas pada blog dan foto (pribadi, hanya teman, semua orang) tapi sayang sama dengan flickr, ukuran file foto berkurang ketika diunduh dari ukuran aslinya.misalnya foto ukuran 60kb bisa menjadi 16kb.

Picasaweb

Pertama kali buka situs Picasaweb dari mobile browser sempet bingung juga dimana bagian uploadnya? ternyata eh ternyata picasaweb belum mendukung untuk upload foto langsung dari ponsel (direct uploading from mobile phone) satu-satunya cara alternatif untuk menambahkan foto ke album picasa melalui ponsel yaitu dengan mengaktifkan fitur “upload by email” di pengaturan emailnya. , masuk ke menu pengaturan pun harus melalui tampilan desktop. so untuk menyimpan foto di album picasa, no thanks’

Gmail

Sejatinya Gmail adalah layanan email gratis dari google tapi tak ada salahnya menjadikan Gmail sebagai alternatif tempat penyimpanan foto online, dengan jatah kapasitas pemakaian sebesar 10GB (tadinya hanya 7GB) yang diberikan google menjadikan Gmail sebagai tempat yang leluasa untuk menyimpan file apa saja. Tampilan yang mobile friendly dengan mode HTMLnya, ukuran file foto yang tidak berkurang dari ukuran aslinya bahkan lebihnya lagi gmail sudah menyediakan link downloadnya langsung untuk setiap foto yang sudah tersimpan.

Cara menjadikan Gmail sebagai tempat penyimpanan foto online cukup mudah, bisa melalui aplikasi kirim dan terima email yang biasanya sudah terinstal pada ponsel, atau langsung melalui situs gmail yang diakses via browser web sebagaimana dijelaskan berikut ini :

compose gmail

  • Masuk ke formulir tulis pesan email baru dengan mengeklik Compose mail. Ingat, tampilan gmail harus dalam mode basic HTML.
  • isi alamat penerima dengan alamat Gmail kita sendiri, ibaratnya kita mengirim sms ke nomor kita sendiri.
  • Isi subject sebagai judul album foto, CC dan BCC sebagai keterangan album atau boleh dikosongkan terserah.
  • Untuk mengunggah foto klik choose di bagian “Attachments” lalu masuk ke lokasi file tempat foto berada, kemudian klik send jika hanya ingin mengunggah satu foto saja. Tapi jika ingin mengunggah foto yang kedua, ketiga dan seterusnya dalam satu album klik Attach More Files. Selesai

Tak perlu repot untuk melihat kumpulan koleksi album foto kita diantara deretan pesan-pesan email yang masuk ke inbox, karena google sudah menyediakan fitur “labels” pada gmail yang berguna untuk mengelompokan semua pesan-pesan yang masuk, yang perlu kita lakukan hanyalah membuat sebuah label seperti “My album” misalnya, lalu tandai email-email foto yang kita upload dengan label tersebut.

Sugarsync

Ini dia layanan backup dan sinkronisasi yang lumayan lengkap. Ia bisa membackup semua folder-folder yang ada di ponsel beserta isinya dan menyimpannya di tempat penyimpanan online miliknya. Foto, video, dokumen dll. khusus untuk foto ukuran filenya juga tidak berkurang jika kita mau mengambilnya kembali.

Sugarsync akan mendeteksi setiap foto, video, dokumen dan file-file baru yang tersimpan di ponsel untuk kemudian membackup dan mensinkronisasikan dengan layanan penyimpanan awannya secara otomatis.

Cukup instal aplikasinya, daftar, verifikasi, lakukan beberapa sinkronisasi dapat deh kapasitas penyimpanan 5GB gratis yang bisa ditambah dengan melakukan pembelian atau mengundang orang lain untuk menggunakannya. Oleh karena itu bagi yang berminat bisa DOWNLOAD APLIKASI SUGARSYNC DISINI .

Demikian beberapa pilihan tempat yang bisa dijadikan sarana penyimpanan foto online, mungkin ada yang mau menambahkan silahkan.

Baca juga : Karakter HTML dan cara menulisnya

Penulis: Nourly

Bergabung di wordpress sejak 2 april 2012 Just a mobile blogger from Pandeglang.

18 thoughts on “Mencari tempat penyimpanan foto online

  1. ternyata website tempat menyimpan foto tu banyak banget ya
    trims atas infonya

  2. Kalo ane biasanya pake produk dalam negeri pak…
    nama websitenya http://www.inipic.com
    di situ cara penggunaannya gampang dan yang pasti ada fasilitas bwat bikin private foto🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s