Pandeglang Blog

Menjadi bagian dari arus informasi dunia

6 Aplikasi catatan android dengan fitur sinkronisasi awan

1 Komentar

aplikasi catatan android dengan cloud sync

Hari gini kegiatan catat mencatat tidak lagi hanya dilakukan di atas secarik kertas atau sebuah buku saku, tapi sudah merambah ke ponsel pintar. Ya sebuah ponsel yang dulunya dipakai hanya untuk telpon dan sms kini menjadi semakin pintar dengan beragam fungsi tambahannya salah satunya dengan hadirnya aplikasi catatan.

Seiring berjalannya waktu fitur catatan pada sebuah ponsel pintar pun mengalami peningkatan tidak hanya digunakan untuk mencatat teks biasa tapi bisa juga untuk merekam suara (voice note) mengabadikan foto dari dan ke dalam catatan (pic note) dan menulis tangan (handwriting) atau menggambar menggunakan stylus pen. Semua bisa dilakukannya.

Tak cukup sampai disitu kekhawatiran akan hilangnya catatan² turut menjadi perhatian para pengembang teknologi, oleh karena itu ditambahkanlah fitur backup note, sebuah upaya untuk mencadangkan catatan dan menyimpan salinannya di tempat lain dalam hal ini bisa SD card atau layanan online. Dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan masing²

Mencadangkan di SD card (kartu memori)

Kelebihan: Cepat dan mudah, yang dibutuhkan hanyalah sebuah perangkat yang memiliki penyimpanan memori luar (external memory) tanpa perlu koneksi apapun.

Kekurangan: membuat catatan cadangan ke kartu memori hanya mengantisipasi jika seandainya catatan aslinya itu terhapus atau ponselnya rusak misalnya. Tapi jika hilangnya catatan disebabkan karena hilangnya ponsel beserta kartu memori didalamnya entah itu karena sebab dicuri atau terjatuh misalnya ya itu mah ikhlaskan saja😀

Mencadangkan di layanan online

Layanan online yang dimaksud disini ialah seperti email, private blog, jejaring sosial, situs penyimpanan online dll.

Kelebihan :

  • Akses yang fleksibel menuju catatan, bisa di akses oleh berbagai perangkat gadget yang dimiliki seperti komputer, tablet maupun smartphone.
  • Tidak khawatir akan rusak / kehilangan ponsel karena data pada catatan masih tersimpan aman.
  • Jika mau ganti ponsel baru dengan kartu memori yang baru pula tak perlu lagi repot² melakukan transfer file catatan dari perangkat lama ke perangkat baru, cukup akses dari perangkat baru catatan-catatan yang tersimpan di layanan backup online tersebut.

Kekurangan : untuk melakukan pencadangan dibutuhkan koneksi internet entah itu melalui paket data atau Wi-fi.

Inovasi tak berhenti sampai disitu ternyata, karena saat ini sudah banyak aplikasi catatan yang menawarkan layanan sinkronisasi awan (cloud sync) dimana layanan backup online tidak lagi dilakukan secara manual setelah selesai mencatat tapi BERBARENGAN, artinya saat kita sedang membuat catatan saat itu pula terjadi sinkronisasi antara catatan yang sedang kita tulis dengan cadangannya yang tersimpan di penyimpanan awan online jadi begitu kita selesai mencatat selesai juga backupnya di penyimpanan awan online. Dengan syarat itu tadi ponsel yang digunakan untuk mencatat harus terhubung dengan internet.

Berikut adalah aplikasi catatan untuk android dengan fitur sinkronisasi awan.

Google keep

sinkronisasi awan aplikasi catatan android google keep

Google keep


Fitur yang ada di Google keepmeliputi :
  • Text note and checklist, mencatat teks apa saja seperti daftar belanjaan, resep, ide² dan bisa ditambah dengan kotak ceklis
  • Voice note, membuat catatan suara yang sekaligus ditranskripsikan ke dalam teks juga, transkrip teks ini menjadi salah satu fitur khasnya dari google keep.
  • pic note, menangkap foto dan menyimpannya dalam catatan disertai dengan keterangan.
  • Archived note, menghapus catatan dari daftar catatan aktif dan menyimpannya di bagian archived note.
  • Color code, mewarnai background catatan dengan warna yang berbeda beda.
  • Widget homescreen untuk akses cepat menuju semua jenis catatan.
  • Search, delete, undo dan send note (share)

Semua catatan tersimpan aman di cloud dan bisa diakses diberbagai perangkat yang berbeda lewat google keep atau via web di http://drive.google.com/keep

Minusnya hanya belum bisa mengelompokkan catatan-catatan ke dalam beberapa kategori layaknya notebook (folder support) tapi semoga aja update ke depannya akan ada.

Springpad

aplikasi catatan android springpad

Springpad

Springpad adalah sebuah aplikasi catatan berbasis sosial dimana kita bisa membagikan catatan yang tersimpan ke sesama pengguna springpad lainnnya dan memberi komentar, mencari inspirasi dari orang² yang kita ikuti dan selalu berbagi tips² yang berguna, tapi untuk membuat catatan pribadi pun juga bisa.

Fitur-fitur yang ada tidak jauh beda dengan aplikasi catatan lainnya seperti: text note and checklist, voice note (tanpa transkrip teks), pic note, widget homescreen, bookmark links, reminder, ada juga pengelompokan catatan-catatan layaknya notebook dsb.

Untuk menggunakannya tinggal instal aplikasinya di smartphone atau tablet, buat akun terus login dengan akun tersebut dan mulailah mencatat. Semua catatan disinkronisasikan secara otomatis dan tersimpan aman di cloud Dan bisa di akses kapanpun dimanapun di berbagai perangkat yang terinstal aplikasi springpad atau via web di http://www.springpad.com

Catch note

aplikasi catatan android catch note online sync

Catch note


Catch note punya antar muka yang cukup indah dan atraktif dari segi desain dengan segala fitur yang dimilikinya seperti voice, photo, dan text notes, checklist, tag, share, search, reminder, category notes, proteksi dengan 4digit PIN

Seperti springpad setelah instal aplikasinya di smartphone atau tablet buat akun dulu lalu login dengan akun tersebut. Catch note menawarkan 2 jenis pemakaian pada penggunanya

  1. Free account : 250mb penyimpanan gratis dan folder kategori atau istilah disini disebut workspacemaximal 5.
  2. Pro account (berbayar) : 2500mb penyimpanan dan workspace maximal 50
  3. Akses online cloud dan backup via web.

Update..!
Sayangnya catch note telah menghentikan layanan sinkronisasinya dan tidak ada lagi update terbaru untuk aplikasinya tapi jangan khawatir karena masih banyak aplikasi catatan alternatif yang menawarkan fitur serupa yaitu online cloud sync semisal Simplenote dan Colornote

Onenote mobile

aplikasi microsoft onenote mobile for android

Onenote mobile


Onenote mobile adalah sebuah aplikasi pembuat catatan dari microsoft. Ia bisa menyimpan semua ide dan gagasan atau hal-hal yang akan dilakukan (to do list) dalam bentuk teks, gambar maupun suara kemudian mensinkronisasikannya dengan layanan penyimpanan online gratis skydrive dari microsoft juga.

Versi gratis dari Onenote mobile for android bisa menyimpan hingga 500 catatan yang bisa diupgrade menjadi unlimited dengan melakukan pembelian.

Onenote mobile for android berjalan pada sistem operasi android versi 2.3 keatas dan membutuhkan akun e-mail Microsoft untuk proses sinkronisasi dengan layanan cloud sync skydrive sehingga semua catatan yang tersimpan di onenote mobile bisa diakses diberbagai perangkat atau via web di http://skydrive.live.com

Gnotes

Gnotes android gmail sync

Gnotes


Gnotes adalah salah satu aplikasi catatan terbaik untuk android karena ia memiliki segudang fitur yang lengkap yang tidak dimiliki aplikasi catatan lainnnya. Gnotes memiliki 5 jenis catatan yang terdiri dari text note, voice note, pic note, handwriting dan paint. Semua catatan bisa ditata agar teratur dengan kemampuan drag and drop antar catatan atau folder (notebook style). fitur-fitur lainnya seperti :
  • Undo/redo text and action.
  • Menyisipkan data jam / tanggal waktu pembuatan catatan ke dalam catatan hanya dengan satu klik.
  • Tampilan yang bisa di custom dengan mode daftar (list) atau thumbnail dan urutan catatan bisa di sortir berdasarkan waktu pembuatan, terakhir diedit dan abjad.
  • Proteksi dengan PIN atau pola.
  • Search note, send note (share), create checklist, reminder, Pin/stick single note to widget homescreen.

Untuk urusan backup dan sync, Gnotes memberikan 3 pilihan yang bisa digunakan salah satunya atau ketiga-tiganya sekaligus :

  1. Backup to SD card, tak perlu login atau membuat akun dulu hanya untuk membuat cadangan di kartu memori eksternal. Begitu instal aplikasinya Gnotes sudah bisa digunakan gratis.
  2. Cloud sync, Untuk membuat catatan bisa tersinkronisasi dengan layanan penyimpanan awannya maka kita harus mendaftar dan login dulu dengan akun Gnotes dan semua catatan yang tersimpan bisa diakses di berbagai macam perangkat yang terinstal aplikasi gnotes atau via web di http://gnotes.me
  3. Sync with Gmail, Sejatinya fitur sync with gmail adalah mengirimkan catatan yang telah kita buat ke gmail secara otomatis caranya gampang tinggal buka aplikasi gnotes untuk pertama kalinya – masuk ke setting – account – pilih sign in with e-mail – izinkan Gnotes untuk membuat satu folder dan mengirim catatan² ke dalam folder tersebut selesai. nantinya semua catatan yang telah dibuat akan tersinkronisasi dengan satu folder/label di gmail bernama “notes”.
  4. Begitu pun sebaliknya kita bisa menambah catatan Gnotes melalui gmail caranya tinggal kirim email ke alamat email kita sendiri, setelah email masuk ubah labelnya dari “inbox” ke label “notes”.

    Evernote

    aplikasi android evernote

    Evernote


    Evernote adalah aplikasi catatan yang lumayan cukup populer di kelasnya, ia mendapat banyak sorotan dari berbagai situs teknologi, sebagian ada yang menobatkannya sebagai a must have android apps (aplikasi yang mesti dimiliki para pengguna android), sebagian lagi ada yang memasukannya sebagai top best note taking application for android (salah satu aplikasi pembuat catatan terbaik untuk android). Meski begitu semuanya kembali lagi ke selera masing² pengguna .

    Selain fitur standar pada sebuah aplikasi catatan seperti folder support / notebook, search, tag, share, PIN lock, create checklist dsb Evernote juga memiliki fitur khasnya diantaranya :

    • Menyimpan berbagai jenis file seperti foto, audio, video, teks, dokumen, email, tweet dari twitter halaman web lewat aplikasi desktopnya dll.
    • Terhubung dengan banyak layanan dan aplikasi pihak ketiga artinya banyak aplikasi penyedia konten dari pihak ketiga yang sudah menyediakan pilihan untuk urusan penyimpanan onlinenya kepada evernote ini.

    Tak ada batasan penyimpanan di evernote akan tetapi terdapat 2 macam pemakaian untuk penggunanya :

    1. Evernote Basic, Untuk pengguna akun gratis hanya memiliki jatah 60MB penyimpanan setiap bulannya untuk jenis konten apapun dan beberapa fitur yang dibatasi.
    2. Evernote Premium, Untuk pengguna yang melakukan upgrade ke premium dengan membayar sebesar $49.95 untuk 1 tahun bisa menyimpan hingga 1GB setiap bulannya untuk jenis konten apapun dan menikmati semua fitur yang ada.

    Aplikasi Evernote tersedia untuk komputer seperti windows atau mac, tablet dan smartphone dari android, ios dan windows phone dan juga bisa diakses dengan fitur sinkronisasinya via web di http://evernote.com.

    Entah ke depannya inovasi apalagi yang akan terjadi pada aplikasi catatan yang jelas dengan digunakannya smartphone untuk kegiatan catat mencatat setidaknya kita telah mengurangi konsumsi akan kebutuhan kertas yang dampaknya secara tidak langsung mengurangi penebangan pohon kayu sebagai bahan baku kertas, let’s go green.!

Penulis: Nourly

Bergabung di wordpress sejak 2 april 2012 Just a mobile blogger from Pandeglang.

One thought on “6 Aplikasi catatan android dengan fitur sinkronisasi awan

  1. epertinya google keep paling bagus untuk layanan awan ya..
    Langsung singkron dengan google cloud dengan space gratis lumayan banyak. Untuk saat ini yang paling saya suka jota text editor bos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s