Pandeglang Blog

Menjadi bagian dari arus informasi dunia

Cara mematikan/mengunci layar dengan gesture pada launcher android

6 Komentar

gesture control launcherTerinspirasi oleh sebuah fitur yang ada pada salah satu versi terbaru launcher lenovo yaitu fitur untuk mematikan atau mengunci layar ponsel android dengan cara doble tap (ketuk homescreen 2x) cukup praktis bukan.

Nah kali ini saya akan share tentang bagaimana fitur screen off dengan gesture tersebut sebenarnya bisa di aplikasikan pada semua aplikasi launcher selama launcher tersebut MEMILIKI FITUR GESTURE CONTROL seperti Apex, Next, Go, Lightning launcher dll, dengan sedikit tambahan trik tentunya dan ada 2 cara untuk melakukannya

Cara pertama

  1. Pertama tama instal dulu aplikasi lockscreen yg fungsinya hanya untuk mematikan /mengunci layar ponsel android , ada di Play Store banyak, contoh aplikasi yang bernama Lock screen ini, cuma 21kb apknya. Setelah di instal Jangan lupa aktifkan “device administratornya. ”
  2. Masuk ke pengaturan launcher yang anda pakai, cari pengaturan yang berhubungan dengan gesture control /behavior setting.
  3. Pilih gesture yang mau diterapkan untuk mematikan layar contoh pinch in, pinch out, doble tap, swipe down/up, swipe two finger down/up dll.
  4. Pilih launch app. Artinya buka sebuah aplikasi dengan gesture yang sudah dipilih tadi.
  5. Pilih aplikasi Lockscreen yang sudah di instal tadi, selesai.
image

Pengaturan langkah ke 3 dan 4 pada apex launcher

Cara kedua

  1. Bagi yang sudah memasang aplikasi gravity box sebelumnya tidak perlu lagi memasang aplikasi lockscreen tambahan seperti cara pertama (skip langkah pertama),bagi yang belum silahkan download aplikasi gravity box terlebih dahulu dan aktifkan aplikasinya dengan exposed instaler.
  2. Setelah gravity box aktif langkah kedua sama dengan cara pertama, Masuk ke pengaturan launcher yang anda pakai, cari pengaturan yang berhubungan dengan gesture control /behavior setting.
  3. Pilih gesture yang mau diterapkan untuk mematikan layar contoh pinch in, pinch out, doble tap, swipe down/up, swipe two finger down/up dll.
  4. Pilih launch shortcut. Artinya buat sebuah tindakan jalan pintas dengan gesture yang sudah dipilih tadi.
  5. Pilih gravity box actions untuk jalan pintasnya
  6. Gulir ke bawah dan pilih Go to sleep fungsinya untuk mematikan layar, selesai.
image

SS pengaturan langkah ke 4, 5, 6 pada apex launcher

Note : Silahkan dites gesture controlnya, Sudah saya tes sendiri dan berhasil di Apex, ADW dan Next launcher 3D. Selamat mencoba.

Penulis: Nourly

Bergabung di wordpress sejak 2 april 2012 Just a mobile blogger from Pandeglang.

6 thoughts on “Cara mematikan/mengunci layar dengan gesture pada launcher android

  1. menarik gan, cuma saat layar mati gesture nya ga bekerja, jd cuma bisa matiin ajj ga bisa hidupin layar,, klo hidupin tetep ceklak ceklik,, itu yg bikin sebel.. bisa bantu kasih solusi gan,, thanks

  2. Kalo untuk open lockscreen bisa nggak?
    Misalnya double tap untuk buka lockcreen.
    Atau pakai aplilasi lain?

  3. yah masih launched app semua ya.. ada ga android yang udah defaultnya kayak gini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s